EFEKTIVITAS PERPUSTAKAAN DIGITAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA IAIN MADURA
DOI:
https://doi.org/10.30631/nazharat.v30i01.153Keywords:
efektivitas, perpustakaan digital, sumber belajarAbstract
Perpustakaan digital memiliki peran penting sebagai sumber belajar, dengan adanya perpustakaan digital memudahkan mahasiswa dalam mencari referensi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti keefektifan perpustakaan digital sebagai sumber belajar bagi mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif, analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan mahasiswa prodi MPI dan PAI. Wawancara dilakukan secara terstruktur dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan digital memberikan kontribusi yang signifikan dalam memfasilitasi akses mahasiswa terhadap berbagai sumber belajar yang relevan. Mahasiswa di IAIN Madura merasakan manfaat peningkatan efisiensi waktu dan kemudahan mencari referensi akademik melalui perpustakaan digital. Perpustakaan ini juga mendukung pembelajaran mandiri dan kolaboratif. Adapun beberapa kendala yang dialami mahasiswa seperti keterbatasan akses internet dan kurangnya pelatihan mengenai fitur-fitur perpustakaan digital. Meski efektif sebagai sumber belajar, perpustakaan digital di IAIN Madura memerlukan peningkatan infrastruktur dan koleksi agar mahasiswa dapat memanfaatkannya lebih optimal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Karimah -, Halimatus Sa'diyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.